8 Nov 2011

{Jangan} Malu Bertanya

Inget ga sama pepatah Malu Bertanya Sesat Dijalan?
Pasti masih dunk. Klo menurut Wikiquote, pepatah ini artinya adalah Segan bertanya berarti kita akan rugi sendiri karena persoalan yang dihadapi tidak ditemukan jalan keluarnya. 

From here
Bingung juga sih sebenernya, kenapa ada orang yang malu bertanya cuma karna takut dibilang bodoh. Atau mungkin merasa bahwa dengan titel atau jabatan yang tersemat di dirinya, maka kurang pantaslah jika bertanya kepada orang yang berada 'dibawahnya'.

Bagaimana jika rasa malu dan kurang pantas itu pada akhirnya malah berakibat mempermalukan diri sendiri??? Apa masih akan berkeras hati untuk tidak bertanya?? Apa mahluk bernama ego sebegitu berharganya untuk terus dipertahankan bahkan jika ego itulah yang akan membuatmu tersesat?!? Membuatmu malah ditertawakan oleh orang lain persis ketika kau takut ditertawakan orangmu sendiri.

Malu Bertanya Sesat Dijalan.
Mungkin ia hanya pepatah yang diciptakan masa silam. Yang mencipta pun mungkin sudah tidak lagi ada. Tapi bukan berarti ia tak lagi berarti.









1 comment:

  1. betul tuh, aku setuju sekali. makanya aku selalu ingetin bapak, atau pasanganku supaya kalau ada apa2 di jalan lebih baik nanya, daripada nyasar. maklum lah mereka gengsian, hahaha :)

    ReplyDelete

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^