31 Mar 2011

Rencana Bunuh Diri di Pagi Gerimis

Tenaaaang! Saya ga pengen bahkan ga ada niat bunuh diri kok. Beneran deh. Duluuuuuu banget sih pernah.. jaman saya masih abg buanget. Masih labil. Sekarang?? Ya enggaklah. Pertama, saya udah ga labil. Kedua, saya dah mengerti pandangan agama tentang bunuh diri. Bahwa bunuh diri itu dosa. Masa saya mau nambah dosa sih?! Yang kemarin-kemarin aja masih banyak. Ketiga, hidup itu kan cuma sekali. Masa mau di sia-siain gitu aja sih. Ga bersyukur banget deh kayaknya. 

Kenapa hari ini saya nulis soal bunuh diri?? Well.. karna kemaren ada teman saya yang mau melakukan itu. Tepatnya sih pasangan teman saya. Saya memang tidak kenal baik siapa dia, tapi karna dia istri dari teman kecil saya, yang juga sahabat adik saya, gpp donk klo saya anggap dia teman saya?? 

Okeh. Kembali ke soal bunuh diri tadi. Jadi ceritanya kemarin saya ga ngantor. Jangan tanya alasannya ya *ihh pede banget ya*. Rasanya sih, acara ga ngantor saya itu direstui karna pagi kemarin kan ujan terus. Hujan orang males gitu deh. Tau kan?? Itu tuh, ujan yang ga deres, tapi kok ya ga brenti-brenti. Awet gitu deh. Nah rasanya lebih direstui lagi *beladiri.com :D* waktu adek saya bangunin saya kayak ada kebakaran or banjir bandang gitu. FYI, saya udah bangun sebelumnya, udah sholat juga.  Tapi ya bubu lagi >.< . Asli deh, klo dalam keadaan normal, saya bisa marah klo adek saya banguninnya 'kasar', bikin saya bangun alam kondisi kaget.. Soalnya abis itu saya bisa sakit kepala seharian. Kemaren itu hampir aja saya marah. Tapi begitu denger adek saya bilang 'kak!! tolongin gue! si Upik *nama samaran* mau bunuh diri. Nyawa saya langsung ngumpul tanpa perlu 'meledak' ke adek saya. 

got this pic from google

Adek saya panik. Ngerti sih saya, sapa juga yang ga panik klo pagi-pagi di telpon sama sahabat trus dimintain tolong ngecek istrinya yang mau bunuh diri. Cuma jeleknya adek saya, klo panik tuh rusuh. Ya macam kemaren itu. Udah tau klo tidur saya cuma pake daster doank. Dan dengan kondisi skarang yang udah berjilbab, ga mungkin dunk saya langsung ikut dia nyatronin rumah si Upik. Apa kata dunia?? 'Udah kak, ga usah pake dandan! gawat nih!!' Lahh sapa juga yang mau dandan? Paling ga kan saya mesti pake celana panjang. 'lama banget sih kak', 'ihh kakak lelet banget'. Sumpah, rasanya pengen marah  tapi saya tahan. Alhasil yang kluar cuma kalimat 'pinjem jaket lo ya, buat nutupin lengan gw'.

So berhujan-hujanan lah saya ke rumah si Upik. Saya ketok pintu depan. Saya ngucap salam. Saya panggil namanya. Hening. Ga ada jawaban. Yang ada cuma suara ujan sama si Burung Beo. Anak kecil tetangga kami yang suka niruin apa yang orang ngomong. Saya ngucap salam, si Beo ikutan. Saya teriak 'Upik', si Beo ikutan juga. BT juga sih, tapi ga mungkin kan saya marah sama anak kecil.

Ketok lagi, salam lagi, panggil lagi. Tetep aja hening. Adek saya udah bolak balik terima telpon. Akhirnya si suami memutuskan untuk minta adek saya dobrak pintu sampingnya yang ga sekokoh pintu depan. Saya?? ya tetep di pintu depan. 

Pas lagi adek saya coba dobrak, akhirnya si Upik bersuara. Sumpah saya lega banget. Adek langsung berenti dobrak.  Soalnya kayaknya itu pintu samping di tahan sama si Upik. Klo dipaksa dobrak dan berhasil,  ntar si Upik bisa kejengkang dunk. Trus jatoh dan keguguran, bisa panjang urusannya. Ya udah, saya balik lagi ketok pintu. Pengennya sih gedor pintu. Tapi takut malah bikin orang penasaran. Udah merah jarinya saya waktu akhirnya si Upik bersuara. Suaranya kedengeran jauh. Saya yakin dia masih nahan pintu samping. Sementara adek saya tetep dengan kepanikannya. 'Gimana donk kak??', 'Ketok lagi gih kak.', 'Kak, lo kok diem aja sih?? Panggil donk!.' Orang klo panik jadi bawel ya. *sigh*

Jadilah saya ke pintu samping, coba ngajak Upik ngomong. Dari mulai dicuekin, sampe akhirnya dia mau jawab. Pas dia dah mulai jawab, saya suruh adek saya jauh-jauh. Saya mikirnya jangan sampe si Upik malu karna ada adek saya. Upik bilang dia lagi mau sendiri. Saya bilang, saya bakal biarin dia sendiri tapi buka dulu pintunya. Yahh kurang lebih beginilah percakapan kami.

Saya: Say, Upik cantik buka donk pintunya *sksd banget kan?!?!*
Upik: Ga mbak, aku lagi pengen sendiri. *sambil terisak-isak*
Saya: Iya, ngerti. Tapi buka dulu, abis itu saya pulang deh.
Upik: Ga mau mba. Upik malu.

Nah pas disini nih sebenernya si Upik ada ngomong rada panjang. Tapi sayangnya si Beo tiba-tiba nangis kenceng banget. FYI, si beo ini termasuk anak yang rajin banget nangis. Sehari bisa lebih dari 3x. Parahnya, klo nangis tuh bisa sejaman.  Makin disuruh diem, dia malah makin kenceng nangisnya. Dan itu lah yang dia lakuin waktu adek saya bujuk dia untuk brenti nangis. Maaf ya, saya bukan ga suka anak kecil. Bener deh. Tapi pagi itu untuk pertama kalinya saya berasa pengen nampol anak kecil.

Saya: Plis deh say, masa sama gw malu sih. Buka ya. Plisss.
Upik: Ga mba, aku masih mau sendiri. (masih tetep dengan terisak-isak)
Saya: Gini deh, klo ga mau keluar, ga mau ketemu gw, gpp. Yang penting pintu depan sama samping jangan ada yang dikunci. Asli sumpah deh gw ga bakalan masuk, tapi jangan dikunci. Klo ada apa-apa ntar susah. 
Upik: ga ngomong apa-apa lagi cuma nangis doank-----------------------

Percakapan itu berlangsung lumayan lama. Tiap kali saya mati gaya, bingung mau ngomong apa. Adek saya langsung sat sut sat sut ngasih kode saya untuk terus nyerocos. Upik baru menyerah ketika akhirnya bibi suaminya dateng. Ga mungkin dunk, dia keukeuh ga mau bukain pintu buat bibi suaminya. Mau dicoret jadi ponakan????? 

Legaaaaaa buanget saya. Rasanya pengen jingkrak-jingkrak. Berhubung takut kepleset, saya cuma bilang makasih aja sama Allah. Begitu bibinya masuk rumah si Upik, saya langsung pulang sama si adek. Tau ga, slama bujuk si upik tadi, saya berasa lagi main film India. Gimana engga. Kami ngobrol di batasi pintu, dibawah guyuran gerimis dengan di iringi tangisan si Beo. Lengkap kan?!

Sampe rumah, saya interogasi adek saya. Pas lagi interogasi, tiba-tiba saya kepikiran untuk minta no hapenya Upik. Mungkin ini yang sering Oprah bilang sebagai AHA Moment.  Saya merasa bahwa saya harus melakukan sesuatu. Yeah, saya memang tidak kenal akrab dengannya. Hanya tau dia melalui cerita adik saya. Tapi bukan berarti kami tidak bisa saling mengenal kan? Toh kami sama-sama perempuan. Bukankah diantara perempuan ada yang namanya 'Girl Power'. 

Di rumah, saya membayangkan gimana rasanya jadi dia. Tadinya kerja, lalu diperlakukan ga adil sama kantornya karna hamil, lalu terpaksa *atau tidak langsung dipaksa* berhenti. Sekarang dalam keadaan hamil, sendirian dirumah kontrakan yang lingkungannya relatif sepi, ga ada temen sebaya untuk ngobrol, dan setiap hari harus dengerin si Beo nangis. Gosh!!

Saya minta adek saya telpon si abang. Ga dijawab. Ya udahlah, saya sms aja. Belum selesai saya ketik sms, si abang telp ke hp adek saya. Jadilah saya dan abang ngobrol. Saya sudah sampaikan maksud saya, tapi si abang ga merespon. Dia malah curhat. Well, mungkin dia butuh mengeluarkan uneg-unegnya. Saya.. hanya bisa mendengarkan.

Sore, saya kerumah mereka. Sengaja datang sebelum abang pulang. Dia sudah mandi, sudah segar. Tapi Upik kliatan rikuh, kliatan malu. Dimatanya ada kaca begitu kami duduk berhadapan. Sebelum kaca itu luruh, saya bilang gini ke dia 'saya kesini cuma mau liat keadaan kamu. Klo ga bisa atau ga mau cerita, ya ga usah. Karna saya kesini ya itu tadi, cuma mau ngecek.Bukan mau tanya macem-macem'. Ada kelegaan disana. Akhirnya kami ngobrol ngarol-ngidul. Obrolan itu membuat saya sedikit lebih mengenal dia. Yah.. ditambah cerita adek saya tentunya. 

Pulang dari rumah Upik, saya berjanji untuk berusaha membantunya. Belum tau dengan cara apa atau bagaimana. Yang terpikirkan saat ini hanya agar dia merasa bahwa dia tidak sendiri. Bahwa walaupun selama ini dia kenal saya sebagai kakak teman suaminya (even saya pun berteman dengan suaminya sejak kecil), saya bisa menjadi temannya. Paling tidak 'tempat sampahnya'.

Saya belum bercerita tentang pikiran saya itu ke suaminya karna kemarin saat mampir ke rumah, suaminya dalam keadaan suntuk. Dan seringkali saya merasa bahwa bicara dengan orang yang suntuk, yang emosi, itu macam bicara dengan angin. Ga akan ada yang nyangkut. Mungkin saya akan mencari waktu yang tepat untuk bicara. Atau mungkin tidak perlu banyak bicara. Lakukan saja. Buat satu langkah kecil. Bukan untuk saya. Bukan sekedar untuk menolong Upik. Tapi juga sebagai bentuk terima kasih pada orang-orang yang uluran tangannya membuat saya tetap waras. Tetap tidak melenceng. Bahkan disaat terburuk saya.

No comments:

Post a Comment

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^