1 Jul 2009

Para Pembuka Jalan

Baru tau nih, klo suatu tindak kejahatan itu, sebelum di selidiki lebih lanjut oleh para reserse, ataupun di otopsi langsung oleh para ahli forensik, ternyata di olah terlebih dahulu oleh para Petugas Identifikasi.

Beneran deh, Nda baru tau dari koran tempo hari ini, bahwa merekalah yang pertama kali melakukan olah TKP. Buat yang suka film macam CSI pasti tau deh, kira-kira apa aja yang dilakukan oleh para petugas identifikasi ini. Yup!!! Benar sekali. Mereka inilah yang memeriksa sidik jari, foto, mengidentifikasi mayat sebelum dilakukan otopsi menyeluruh oleh petugas forensik (dari RS. Cipto).

Tapii.. ada tapinya nih. Jangan bayangkan bahwa petugas identifikasi di negara kita tercinta ini memiliki alat-alat secanggih dan semodern CSI. Ga ada tuh yang namanya alat pendeteksi DNA, atau pengurai zat-zat, yang ada hanyalah peralatan sederhana yaitu bubuk magnet, lup, tinta merk Daito, dan kamera digital. Wihh jauh banget kan, dengan alat-alat yang dimiliki Horatio di CSI Miami, atau ruang kerja seluas milik Stella Bonasera n Mac Taylor di CSI New York. Ruang kerja Petugas Identifikasi kita hanya seluas 4x4 m.

Tapi beruntunglah kita masih memiliki Putra-putra bangsa yang berdedikasi tinggi demi negara. Sarana dan prasarana yang masih minim itu, tidak menyurutkan semangat mereka untuk berbuat yang terbaik, memecahkan berbagai kasus kejahatan yang terjadi.

^_^ terima kasih yaa.. BapakPetugas Identifikasi.


CSI Miami Dade


CSI New York

* berita dari koran tempo
* ganbar dari om google

No comments:

Post a Comment

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^