11 Oct 2007

Donor Darah

Kemarin siang, pas lagi depan kompie dikantor, nda dapet message forward-an dari sis yang kukenal via kajian di YM. Nah.. message itu berisi berita klo ada orang yang lagi butuh darah dengan golongan B+. Golongan gw banget!! Seneng banget nda bacanya. Coz it means nda punya kesempatan untuk mendonor. Soalnya udah sering dapet pm-an butuh darah tapi bukan golongan aku . Padahal nda pengen banget donor langsung gitu. Klo biasanya kan donor aja ke PMI. N nantinya entah untuk siapa darah itu.

So setelah telpon ke nomor yang tertera di message, n setelah sebelumnya ijin sama Bu Ika, meluncurlah nda dengan taksi ke PMI Kramat. Sempet tidur juga di taksi (tadinya sih mau pura-pura tidur, soalnya pak supirnya nanya2 mulu. Sementara hati ini moodnya lagi ga bagus ).

Dijalan sempet telp2an juga sama ibu Wiwik (yang butuh darah), mau kasih tau dia klo nda jadi dateng n untuk nanya PMI Kramat tuh patokannya apa (udah lama ga donor kesana n dulu klo kesana kan pake mobil kantor plus rame2). Sempet puter balik 2 kali karna ternyata taksiku salah muter (PMInya ternyata masih jauh di depan).

Sampe PMI, nda langsung masuk aja. Pas mau telp bu Wiwik, eh keduluan dia telp nda. Ya udah, kita kenalan. Bu Wiwik nemenin nda isi form. Kita sempet cerita2 soal anaknya yang sakit n musti dioperasi itu (Baru 9 tahun ternyata ). Awalnya demam, yang dia kira tipus -krn naik turun-. Ternyata setelah dicek lagi, ada sesuatu di lambungnya so hrs di operasi n skrg dia dirawat di RSCM.

Selesai isi form, nda daftar n diambil lagi sampel darahnya dikit dari ujung jari. Untung make sure kali ya.. bener B+ atau bukan. N Tumben banget hari itu nda bawa kartu pendonor. Biasanya ga pernah. Dirumah tuh sampe ada beberapa kartu karna tiap kali donor, nda bikin kartu baru .

Anyway... udah selesai registrasi, nda nunggu lagi untuk cek tekanan darah. N selama nunggu, bu Wiwik tuh nemenin nda terus. Jadi ga enak deh. Emang udah rejekinya bu Wiwik kali ya.. soalnya prosesnya cepet banget. Perasaan baru duduk, eh udah dipanggil untuk cek tekanan darah. Sempet ada di tegor sama Dokternya, soalnya nama di kartu kan pake nama panjang, sementara waktu registrasi pake nama panggilan (maaf ya bu, saya kira gpp).

Nda ga tau, apa hari itu wajah nda keliahatan pucet or memelas, soalnya dokternya tuh kaya ga tega gitu nda mau donor. Apalagi waktu dia tau nda puasa, n ga kenal sama yang butuh darah (emang ga boleh gitu?!?!?). Itu bu dokter ya.. wanti-wanti banget nda untuk buka klo selesai donor nanti nda ngerasa pusing. N wanti2nya tuh berkali-kali. Do i look that desperate???

Anyway...masuk ruang donor, nda disuruh cuci lengan dulu. Padahal wakt uterakhir donor disana, ga pake acara begitu deh! Peraturan baru kali yaa... Daripada knp2 ya udah, nda turutin aja. Kali ini nda donor dari lengan kanan (biasanya kiri tapi waktu tadi nda ditanya susternya, nda bilang terserah aja n susternya milih dari lengan kanan).

Tau ga, itu suster sama aja kaya dokter tadi. Begitu tau nda lagi puasa, dia yang make sure gitu, apa mau tetep donor. Trs dia juga wanti-wanti nda untuk buka klo ngerasa ga enak. Please dech!!! Nda kan bukan kali ini donor. Hiks... muka-ku segitu mengkhawatirkannya kah???

Berhubung pas lagi donor ditungguin sama susternya (yang bodohnya ga nda tanya sapa namanya), ya udah, nda tanya2 aja sama dia. Ternyata klo bulan puasa tuh stok darah tuh minim banget malah kadang kosong. Sementara klo ga puasa, lumayan banyak. Darah tersulit adalah AB sementara yang paling banyak adalah O. N ternyata, sekarang ini klo mau donor harus sesuai darahnya. Ga bisa kayak dulu, misalnya O bisa ngasih ke siapa aja, or AB yang bisa nerima dari gol apa aja. Pengetahuan baru nehh.

Lagi ngobrol gitu, Bu Wiwik dateng, dia pamit mau ke RSCM karena dihubungi oleh pihak RS. Dia ngucapin makasih n tanpa dia bilang, nda tau klo dia mau mengganti ongkos taksi nda (soalnya dia menggenggam uang). So sebelum dia sempat melakukan apa2 dengan uang itu.. nda udah nolak duluan. Bu Wiwik sempet ga enak n tetep maksa. Tapi nda kan terkenal keras kepala, so ga mungkin mau ngalah. Nda bilang klo nda melakukannya dengan ikhlas (memang begitu kok). Nda bilang gitu sambil ngusap lengannya bu Wiwik with my free hand. Tadinya dia tetep keukeuh karena ngerasa uang yang akan dia berikan pun ga sebanding sama yang nda lakukan (untungnya nda dibantuin suster, jadi bu Wiwik bisa terima klo nda ga bisa nerima uangnya).

Dia yang berkaca-kaca gitu..

Duuh.. please bu, jangan pake acara nangis.. nda paling ga bisa liat ibu2 nangis. Nda tau banget, dia begitu karena merasa berterima kasih sekali karna menurut dia, yang nda lakukan itu berarti banget.

Tapi tau ga ya dia, klo sebenernya tuh, dia yang udah nolong aku. Kalo ga ada dia, nda ga akan punya kesempatan berbagi dengan orang lain. Nda juga ga bisa punya pengalaman jadi pendonor langsung, dan bukan pendonor sukarela. Saya merasa berguna. Dan perasaan berguna itu, menyenangkan sekali .

So see... siapa yang sebenarnya penolong?? Bu Wiwik kan?! Maka untuk Bu Wiwik, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih dari lubuk hati yang terdalam .

No comments:

Post a Comment

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^