15 Feb 2008

Psikotest oh Psikotest

Tadi pagi.. eh.. ga pagi banget sih.. Yaaahh menjelang lunch-lah... aku dipanggil Pak Cahyadi ke ruangannya (Lala sih yang manggilin.. setelah sebelumnya dia yang dipanggil), padahal lagi ribet-ribetnya tuh kerjaan. Mana di depan ditungguin sama orangnya Pak Haryanto yang mau ambil Polis All Risk yang mau direvisi. Huaaa... pokoknya ribet deh.

So.. dengan harap-harap cemas, aku ngadep deh ke ruangan Pak Cahyadi. Agak-agak deg-degan sih.. soalnya terakhir ngerasain Psikotes tuh udah lama, itu juga hasilnya bikin aku syok banget . Masa menurut hasil tes waktu itu.. aku tuh labil dan emosian. Ga salah tuch ?! Tau ga... saking syoknya, aku sampe tanya or lebih tepatnya menginterogasi sahabat n temen-temen deket aku. Aku tanya ke mereka, gimana aku selama ini. Apa iya labil?? Apa iya emosian??? Pokoknya aku minta mereka explain in details dan sejujur-jujurnya.

Most of them bilang aku cenderung pendiam klo belum kenal, lebih seneng membaca situasi daripada ikut terjun, SEDIKIT moody tapi GAK emosian. Sahabatku berusaha menenangkan dengan bilang mungkin hari itu aku ga fit untuk tes. Bisa jadi sih.. abis tesnya jauh banget, di Cikarang. Seumur-umur baru sekali aku ke daerah sana n jauuuuuh banget rasanya. Sempet ketiduran di bis, pas kebangun masih di tol, tidur lagi, bangun, eh masih di tol juga. Capeekk deh!! Udah gitu.. tukang ojek yang bawa aku ke kantor itu sempet nyasar segala. Padahal waktu aku tanya dia bilang tau . Sabaaarr... sabaaar...

Nah.. waktu mbak Yera bilang mau ada Psikotes di kantor, aku jadi penasaran banget. Pengen buktiin, bener ga sih hasil psikotes yang dulu itu , even sebenernya waktu itu aku ga tau, apakah hasilnya akan diberitahukan ke kita atau dijadikan catatan oleh Management.

Ternyataa.... hasilnya di sharing ke kita-kita. Alhamdulillah.......

Dan sekarang... kita kembali ke hasil tesku itu

Begitu masuk ruangan.. Pak Cahyadi udah senyum-senyum (duuh jadi deg-degan). Setelah duduk, Pak Cahyadi mengangsurkan selembar kertas yang berisi hasil tesku, sebelum akhirnya beliau memberi komentar n masukan.

For me... hasil tes kali ini lebih AKU. Disitu TIDAK ada kata-kata baik tersirat maupun tersurat bahwa aku LABIL and or EMOSIAN. Yang tertulis di situ adalah.... bahwa aku masih suka kurang percaya diri (ga pede klo ga dikasih pengarahan detail jadi kesannya terlalu tergantung sama orang lain) n kurang bisa bekerja sama plus masih takut untuk sharing dengan atasan . Padahal.... menurut Pak Cahyadi, hasil tes yang lain menunjukkan (pengetahuan, ketekunan, kemauan, and things like that) bahwa aku punya potensi. Udah gitu tesnya juga nunjukin bahwa with or without reward, aku akan berusaha untuk melakukan pekerjaan aku sebaik mungkin. Tapi sayangnya masih ga pede untuk nunjukin itu. Do you what.. dari sekian banyak nilai, yang lainnya tuh seputar Cukup dan Baik.. sementara nilai untuk Kerjasama = Kurang .

Aku sih emang ngerasa n cukup sadar bahwa aku kurang bisa beradaptasi dengan cepat. Apalagi dikantor sekarang. Dimana ada beberapa hal yang kurang bisa aku terima, jadinya aku cenderung menarik diri.

Pak Cahyadi bilang, nantinya tiap orang akan diberi kesempatan untuk dapat coching or bimbingan dari mbak ANI (dari pihak penyelenggara psikotes) mengenai kekurangan-kekurangan ini. Bapak juga bilang klo nantinya akan ada report mingguan, so bisa ada komunikasi enak antara atasan n bawahan. Karna kan manajemen ga mungkin juga bikin keputusan or kebijakan tanpa masukan dari bawahan. Kesempatan deh aku bilang sama Pak Cahyadi klo aku masih suka bingung mau tanya ke siapa (gila yaa.. udah jalan 6 bulan juga..), abis kan yang lain klo ditanya soal divisi aku pada ga tau. Aku juga cerita klo dikantorku yang lama tuh ada Coffee Morning, n disitulah ajang sharing yang santai but tetep berbobot ---Coffee morning yang aku maksud tuh yang jaman P' Poempi, bukan jaman P' Jeff yang menakutkan dan berisi penjatuhan mental & martabat---.

Dan setelah selesai
pengarahan dari Pak Cahyadi soal pentingnya komunikasi atasan dan bawahan, selesai juga acara pembahasan hasil tesku.

Legaaaaaaaaaaaaaaaa banget rasanya!!!

Lega karna hasilnya berbeda dari hasil tes yang dulu. Lega karna aku jadi tau kelemahanku, kan jadi bisa lebih kenal apa dan bagaimana diriku. Plus lega karna ada kemungkinan aku berubah menjadi lebih baik dengan bantuan profesional.

Hmmmm... What a wonderfull life.

Thank You ALLAH

No comments:

Post a Comment

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^