7 Jun 2010

Minggu pagiku di YSI

Hai temans.. gimana wiken kalian?? seru kah??
Semoga saja demikian ya. Bukankah wiken itu waktunya kita beristirahat, merilekskan tubuh dan jiwa sebelum dipekerjakan kembali pada hari senin :D.

Wiken Nda menyenangkan sekali. Hari sabtu Nda dirumah, menyelesaikan beberapa produk untuk stand FRI sambil menikmati musik dan dvd. Malah sempet bubu siang juga. Pas banget waktu ujan turun dengan derasnya. :D ujan-ujan kan emang enaknya meringkuk di tempat tidur ya?? Hayoo ngaku.. kalian juga seneng kan???

Nah.. klo minggunya.. Nda ada acara main ke panti sama temen-temen (udah boleh dibilang temen blom ya???) maya di ngerumpi. Gimana Nda bisa ikutan mereka?? Well, dimulai dari kunjungan Nda ke ngerumpi (stelah daftar n nulis sekali, Nda ga pernah main lagi) beberapa hari lalu. Nah pas main itulah, Nda baca postingan tentang Yayasan Sayap Ibu (yang notabene) deket kantor dan mulailah Nda komen-komen yang dilanjutkan sambung menyambung komen, sampe akhirnya Nda ikutan mereka para rumpiwati yang mau main ke YSI.

Mustinya sih disana jam 10an, tapi dengan dudulnya Nda telat :( (maap ya mba Titin) but at least i could made it. Pas sampe sana dah pada dateng (ya iyalah orang Nda sampenya jam stengah sbelasan). Kenalan bentar *dan sayangnya akibat short memory lost alias pikun, sampai hari ini yang Nda inget namanya cuma mba Titin, Lia sama Putri. Maap yaaa.  

Langsung deh main sama anak-anak, coz mereka dah pada bertebaran (emang kertas??). Yang pertama noel aku, anak cowok berparas arab. Kurusss banget deh. Waktu liat dia jalan, Nda serem juga, abis kakinya kecil banget. Pas diajak ngomong, suaranya bindeng kayak orang yang sumbing gitu. Padahal bibirnya ga sumbing loh. Tanya punya tanya, namanya TEGAR. Waktu dateng ke YSI, did ga bisa jalan karna ada masalah sama kakinya. Alhamdulillah baru-baru ini dia dioperasi, jadilah bisa jalan.

Selanjutnya si kenes Irma yang juga udah lumayan lama di YSI. Asli dia galak n kliatan banget keras kepala (dan itu dikukuhkan oleh Ibu Harti dari YSI). Si cantik ini lagi dalam proses adopsi. Dulu sih pernah di adopsi dan dibawa ke Medan. Cuma si cantik ini ngamuk minta pulang. Alhasil dipulangkanlah dia kembali ke YSI. Hmm... moga-moga adopsi kali ini lancar ya deek. 

Nah klo yang satu ini namanya Wahyu. Murah senyum *asli manis banget senyumnya* tapi pelit suara. Menurut mba pengasuh disana, emang dia begitu dari dulu. Lagi sering dilatih ngomong. Waktu Nda dateng, dia lagi sibuk mewarnai. 

Sementara yang dikanan ini, namanya Odi. Dari pertama Nda dateng, dia sibuk banget sama remot tv. Klo remotnya disimpen, maka dengan sigap dia ambil kursi plastik, trus naik dan mindah chanel tv langsung dari tvnya. Tau ga apa yang dia lakukan sebelum dia minta gendong?? Jadi kan disekitar situ banyak sampah kertas hasil temen-temennya ngerobek buku. Itu sampah dia kumpulin dan buang ke tong sampah, baru abis itu dia dateng ke aku (yang lagi duduk ngeliatin anak-anak lain yang lompat-lompat ga keruan) trus dengan suara yang kurang jelas dia bilang minta gendong, kan udah buang sampah. Duhh serasa pengen nangis deh. 

Setengah hari kemaren sungguh tak terlupakan. Even kemaren bukan kali pertama Nda berkunjung ke panti asuhan, but still.. selalu ada momen tak terlupakan yang bikin hati meleleh dan merasa bodoh or maybe idiot karna selama ini banyak mengeluh ga puguh. 

Masih ada beberapa anak yang Nda ga sentuh langsung. Seperti Mira, Intan, Rian, si bayi Desta, Epti (klo ga salah, bayi cantik dengan pengecilan otak), juga Jasmine, si cantik tanpa suara dan hampir tanpa ekspresi. Asli susahhhhhhhhhhhhh banget senyumnya. 

Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak para TKW kita. Tak heran, wajah mereka beragam sekali, dari arab, india, pribumi, sampe yang agak bule. Dari wajah-wajah tak berdosa itu kita bisa menebak, darah dari ras mana yang mengalir dalam tubuh mereka. Lebih menyedihkan lagi ketika sebagian dari mereka bisa dikatakan kurang sempurna pertumbuhannya. Mungkin itu pengukuh betapa berat yang harus dilalui ibu mereka untuk mempertahankan mereka tetap ada dan bisa melihat dunia. Walaupun pada akhirnya mereka berpisah, yang kemungkinan besar untuk selamanya.

Ahh semakin Nda merasa kecil sekali dihadapan mereka, anak-anak kecil yang sesungguhnya berjiwa besar. Mereka memang berada disitu karna keadaan, karna dipilihkan oleh mahluk bergelar orang tua yang tak sanggup menunaikan kewajiban mereka. Yang hanya mengenal para pengasuh sebagai orang tua mereka (tiap pengasuh mereka panggil mama). 

Hmm.. semoga dengan bertemu mereka, diri ini menjadi lebih bersyukur atas nikmat yang selama ini telah ALLAH berikan. Dan semoga ALLAH memberi Nda kemampuan untuk berbagi lebih dan lebih banyak lagi dengan mereka. 

Amiin.

 

2 comments:

  1. Subhanallah..
    Mbak sampaikan salam saya untuk mereka. Mereka adalah malaikat-malaikat juara yg jarang kita sadari keberadaannya. Duh Tuhan,nikmat-Mu mana lagi yg sudah aku dustakan..

    ReplyDelete
  2. ^_^ Nti kalau saya main kesana lagi.. saya sampaikan salam dan peluk sayang dari mba Ajeng yaa ~_^

    ReplyDelete

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^