12 Dec 2008

Kembalikan saja pada BELIAU

Tadi siang ada teman yang bertanya:
'Bagaimana menghilangkan rasa benci?'
'Bagaimana melupakan kejadian menyakitkan?'

Asli bingung jawabnya. Pertama, Nda ga pernah benci sebenci-bencinya sama orang. Ga pernah yang namanya ga mau liat muka orang karna sebel. Dan tentang kejadian yang menyakitkan, well definisi or ukuran menyakitkan kan beda. Nda ga tau versi menyakitkan dia tuh apa. Bisa aja kan yang menyakitkan buat dia tapi biasa buat aku atau sebaliknya. Udah gitu dia ga mau cerita detail. Gimana Nda mau ngerti.

Beneran bingung deh. Terus, Nda keingetan sama pelajaran psikologi komunikasi (entah semester berapa). Nah disitu, dosen Nda menjelaskan tentang beberapa cabang psikologi. Yang salah satunya adalah Kognitif, dimana disitu yang dipelajari adalah kegiatan pikiran manusia. Dan klo ga salah juga, si Bapak Dosenku pernah berkata bahwa semakin kita ingin melupakan sesuatu, kita malah akan semakin ingat dengan hal yang ingin kita lupakan itu. Nah.. Nda kasih tau deh tentang itu sama temen itu. Plus Nda kasih bumbu sedikit dari apa yang Nda dapet tiap kali nonton Oprah. Yup!! That Oprah Show!!

Oprah pernah bilang (kurang lebih ya.. Nda kan bukan robot penghafal) bahwa satu-satunya jalan untuk menghilangkan rasa benci or marah adalah dengan memaafkan.
'ngomong sih gampang Nda, tapi kan susah' kata temenku itu.
Lahh.. sapa juga yang bilang gampang. Ga usah dikasih tau juga Nda tau itu ga gampang. Tapi rasanya kalau kemudian itu bisa memberi kedamaian dalam hati, kenapa engga. Toh semua tadi dia bilang udah banyak cara (selain yang Nda saranin itu) dicoba dan belum sukses. So, kenapa ga coba aja. Trus Nda kutip deh kata-katanya Pak Mario 'siapa yang tidak berani mencoba, maka sama gagalnya dengan orang yang sudah mencoba tetapi tidak berhasil'.

Nda bilang.. coba aja pelan-pelan. Dimulai dengan menerima bahwa ada orang yang pernah menyakiti. Jangan berpura-pura bahwa kejadian itu ga ada hanya supaya bisa lupa. Terus maafin pelan-pelan. Mulai dengan mengingat bahwa kita pun pernah punya salah ke orang, mungkin pernah menyakiti orang. Things like that lah. FYI, yang ini sering Nda terapin ke diri sendiri. Terus.. baru deh mulai coba memaafkan.

'klo ga berhasil juga?'

Argghhh yang begini nih yang Nda sebel. Udah pesimis duluan. Dicoba juga belom.. dah mikir gagal ajah. Nda jawab aja.. "dimana-mana tuh di coba dulu!!!'
Ehh.. dia masih ga ngeyel. 'Klo ga bisa????'
Dan jawaban Nda adalah.. 'ya udah, klo masih ga bisa juga, berdoa aja banyak-banyak. Minta kekuatan dari Tuhan supaya bisa memaafkan'

Udah jawaban terakhir tuh. Udah ga tau lagi soalnya musti bilang gimana!! Bener kan?? Satu-satunya yang tidak memiliki batas kekuatan kan cuma Allah, Tuhan Semesta Alam. Kembalikan saja semua pada Beliau.










No comments:

Post a Comment

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^