3 Jul 2012

Nostalgia Buku

Jum'at minggu lalu, sepulang dari klien, aku mampir ke Blok M Square. Tadinya sih cuma mau makan siang dan beli celana kerja. Tapi yah...berhubung makannya di lantai paling bawah... dan di lantai itu banyak kios n lapak buku. Akhirnya mampir deh.  

Sebenernya sih akhir-akhir ini aku cukup sering ke Blok M Square, tapi... berhubung jarang sekali ke lantai paling bawah itu, atau kalaupun kesana.. barengan sama temen yang kurang hobi sama buku, makanya.. aku ndak pernah mampir. Cuma liat sambil lewat aja. 

Berhubung kali ini datang sendiri.. jadilah aku 'berkunjung' ke beberapa lapak. Niat awalnya untuk cari buku rajut. Yahh.. kali aja bisa dapet buku rajut Jepang (ondori) jaman dahulu, seperti yang pernah aku dapat di bahwa jembatan mester bertahun lalu ;)
 
Cari.. cari... ga nemu. Kebanyakan lapak cuma jual buku-buku rajut lokal edisi sekarang yang notabene banyak di Gramed atau toko buku lain :(. Hiks...

Ogah juga lah ya... keliling tanpa beli apapun. Tapi sempet bingung juga mau beli buku apa. Belum ada yang menarik minat. Sementara, untukku pribadi, kalau beli di lapak atau kios semacam yang di Senen atau pasar mester, maunya tuh buku yang lama, yang susah dicari di toko buku biasa. Yaaahh.. yang Vintage lah ;)

Jalan lagi... akhirnya nemu lapak yang lagi dijaga sama embak-embak. Isi lapaknya tuh.. kebanyakan buku cerita anak dan ensiklopedi anak. Yang bikin aku berhenti disitu adalah..... buku cerita yang dipajang itu mengingatkan buku-buku cerita yang sering dibeliin mama, jaman duluuuuuuuuu banget. Jaman aku masih SD. 
 
Jadi..
 
Jaman aku kecil, mama tuh yang paaaaliiiing rajin menyediakan buku-buku bacaan. Mulai dari berlanngganan BOBO dan Aladin (ada yang tau ga ya, majalah anak Aladin?), mama juga rajin beliin buku cerita rakyat dan.. buku-buku cerita anak keluaran Balai Pustaka. Just like these. 


Kegemaranku akan buku, itu semua berkat mama. Beliau ga pernah membatasi bacaanku. Dari buku cerita sampai komik, semua boleh. Beda sama Papa yang melarang keras, baca komik. Apalagi komik Jepang :(. 'Apa tuh?! Isinya cuma cinta-cintaan ajah!!' gitu kata Papa. Alhasil aku nabung sendiri untuk beli komik. Yah.. paling ga untuk sewa lah. Heheheh...
Okeh.. back to the topic ..

Dari sekian banyak buku yang dipajang, aku pilih 3 buku diatas. Kenapa?? Karena 3 buku itu yang paling aku ingat pernah kupunya. Jadi.. koleksinya akan kumulai dari 3 buku diatas. Dan pastinya akan ada buku-buku terbitan Balai Pustaka yang lain. Apalagi... harganya muraaaah banget. 3 buku itu bisa kubawa pulang hanya dengan mengeluarkan selembar uang sepuluh ribuan. Untukku, teramat murah untuk buku yang sarat pesan moral.

Hmmm.. kenapa buku-buku itu susah dijumpai di toko buku besar??

4 comments:

  1. Da, Novel+CD Ouhibouki Areta nya udah di review belum hehe.. Bantu jualin juga ya. Tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaaa!!
      Belom selesai bacanya Omm...

      Delete
  2. seru ya mba baca2 ulang buku2 masa kecil. buku2ku banyak hilang aplg sejak ortu hijrah ke jakarta, gktau lg deh jejak2 buku itu :(

    ReplyDelete
  3. buku2 masa kecil,,,wah apa ya aku waktu kecil cuman pinjem dari perpustakaan sekolah jadi gak punya deh buku waktu kecil,,,

    ReplyDelete

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^