31 Dec 2010

Besok, Hari Baru di Tahun Baru

Tidak terasa ya.. 12 bulan sudah terlewati. Besok, kita sudah mulai menjalani hari di tahun yang baru. Tahun 2011. Seperti yang sudah-sudah, ada banyak cara menikmati malam pergantian tahun. Mulai dari berkumpul bersama keluarga, sanak saudara dan sahabat, baik itu di rumah, ataupun di hotel dan tempat hiburan yang menampilkan keriuhan khas tahun baru dengan terompet-terompet warna warni; ataupun hanya merayakannya dirumah saja. Menyaksikan segala keriuhan dan macetnya jalan raya dari layar kaca. Atau mungkin.. menikmati kesendirian di malam pergantian tahun dengan refleksi, melakukan evaluasi, menata dan menetapkan resolusi  baru, atau meneruskan resolusi sebelumnya yang belum tuntas.

See... ada banyak cara untuk menikmati pergantian tahun. Apapun pilihan kita untuk menikmati atau memaknai pergantian tahun, hendaknya pilihan itu dibuat dengan bijaksana. Mengingat sepanjang tahun 2010 ini, banyak sekali musibah dan bencana yang terjadi melanda bumi Indonesia. Senang-senang boleh kok.. itu hak kita. Tapi juga jangan sampai mengabaikan hak dan kewajiban kita terhadap saudara-saudara kita yang lain. Jangan sampai, kegembiraan kita menjadi duka orang lain. 

Saya sendiri.. seperti biasa menikmati tahun baru dirumah bersama mama (plus adek, klo dia ga ada acara). Saya lebih memilih mengevaluasi diri. Bukan berarti saya tidak setuju dengan bersenang-senang diluar di malam tahun baru. Saya pernah kok, melakukan yang seperti itu. Hanya saja.. beberapa tahun terakhir ini saya selalu merasakan kegelisahan menjelang akhir tahun. Bukan hanya gelisah karna ada beberapa resolusi yang terabaikan dan sekedar menjadi catatan, tapi.. entahlah.. lebih dari itu. Saya merasa sedang berkejaran dengan waktu. Bahwa usaha yang saya lakukan belum cukup baik. Belum maksimal. Bahwa dalam berproses menjadi lebih baik di setiap tahunnya, selalu saja ada lubang yang membuat keseluruhan proses itu kurang bahkan tidak lengkap. Dan saya, adalah orang yang percaya meyakini bahwa proses itu penting. Bahwa hasil akhir bukanlah harga mati sebuah keberhasilan ataupun kegagalan. Walaupun hasil akhirnya baik.. tapi jika dalam prosesnya, ada hal tidak baik yang kita (saya) lakukan, atau ketika pada prosesnya, tidak ada peningkatan kualitas atau pengertian baik dalam diri saya, maka rasanya... ada yang kurang. 

Eniwei... besok adalah hari baru di bulan baru dan tahun baru. Maka sudah sepantasnya lah jika SEMANGAT dan NIAT nya pun baru. Tidak hanya demi kebaikan diri sendiri, tapi juga sekeliling kita.
HAPPY NEW YEAR!!!!


1 comment:

  1. Met tahun baru, its bunny year qeqeqe Buat mengisi ulang semangat dan niat baru, kemarin aku malah 'sibuk' hunting download MP3 dan DVD film, termasuk bikin list The Next Three Days :D

    ReplyDelete

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^