1 Jun 2011

Mencoba Hal Baru

Mencoba hal yang baru adalah pekerjaan yang tidak mudah bagi seseorang. Apalagi jika orang tersebut berada di zona nyaman, di zona aman. Jangankan mencoba jenis pekerjaan baru. Mencoba gaya rambut atau gaya berpakaian yang lain dari biasanya saja, bisa menjadi menakutkan bagi seseorang. 

from here
Saya pun seringkali merasa begitu. Takut melakukan sesuatu diluar kebiasaan. Takut mencoba hal yang tidak pernah saya pelajari disekolah jaman dulu kala. Padahal, ketika saya (akhirnya) berani melakukannya, tidak seburuk yang saya kira kok. Yeahh... you're right. Saya takut kepada perasaan takut itu sendiri. Saya takut pada pikiran buruk saya sendiri. Memang benar, langkah pertama itu selalu berat. Namun begitu kita sudah melakukannya, sisanya akan terasa LEBIH ringan.

Nah, awal tahun ini 'Mencoba Hal Baru' adalah salah satu poin diurutan 3 besar dari resolusi saya di tahun ini. Kenapa?? Well.. karna beberapa tahun terakhir, banyak hal yang terjadi dalam hidup saya, yang membuat saya lupa bagaimana seharusnya menjalani hidup secara penuh. So saya merasa, sebelum saya benar-benar terkurung dalam kerangkeng yang saya buat sendiri, lebih baik saya mulai 'keluar' perlahan. Selangkah demi selangkah, namun pasti.



Ada beberapa hal baru yang sudah saya coba sepanjang 5 bulan ini. Mulai dari yang sederhana, yang kelihatannya remeh, sampai kepada hal yang lebih tidak sederhana. Hal paling baru yang saya lakukan adalah berkecimpung di dunia penjualan dengan part time sebagai agen asuransi. Hah?!? Yang begitu dibilang hal baru?? Pastinya dunk. Buat saya, ini adalah hal baru. Oke.. saya memang sudah mulai jualan bahkan semenjak saya di SD. Jualan kue kering, jualan AVON (hmm masih ada ga ya?), jualan seprei titipan temen kantor mama saya. Yahh macem-macem deh. Bahkan sekarang saya mau jualan kerudung bareng temen saya. Tapi kesemuanya itu kan jualan barang nyata. Benda berwujud yang tanpa harus terlalu banyak cuap-cuap. Karna orang bisa melihat langsung barangnya. Yahh paling ga, lewat fotonya di MP dan FB saya. Nah ini, asuransi. Produk yang belum kliatan wujudnya. Yang bisa dibilang modal awalnya ya cuap-cuap meyakinkan orang. 

Saya pribadi memang sudah punya asuransi personal (yang asli saya bayar dari gaji sendiri), jauh sebelum saya tau banyak soal asuransi. Jauh sebelum kantor saya yang lama mengasuransikan pegawainya pada perusahaan asuransi swasta. Setelah tahun pertama kerja disana, kami cuma dapet perlindungan dari ASKES. Tanpa ada tunjangan kesehatan lain dari kantor. Dulu, waktu ikutan, saya ga terlalu ngerti. Saya ikut karna 1) yang jual temen mama saya; 2) saya ga bisa nabung (secara keambil mulu buat beli buku) dan asuransi bisa membuat saya nabung.

So, masuk ke dunia ini adalah langkah besar buat saya. Besar, karna pada dasarnya saya bukan orang yang suka keramaian sementara tiap minggu, kantor agen asuransi ini mengadakan training untuk para agen dan calon agen. Bisa bayangin donk, berapa banyak orang yang datang. Bisa bayangin juga donk, trainingnya kan ga cuma duduk dan mendengarkan aja. Seringkali ada simulasinya.
Saya juga tidak pernah merasa punya bakat di bidang penjualan. Asli. Bahkan dengan segala dagangan temen mama yang berhasil saya jualkan, termasuk barang produk MLM yang dia ikuti (yang saya sendiri ga ikutan MLM itu). So, temen mama saya itu, ga pernah berhasil bujuk saya ikutan MLM. Dan tiap kali ada temen saya nawarin lowongan marketing dan sejenisnya, jawaban saya ya ga jauh dari kening berkerut 'What?! Marketing?! So not me.'

Dua alasan diatas cukup donk.. menjelaskan betapa lebar langkah yang sudah saya ambil kali ini. Satu langkah awal sudah saya lakukan. Langkah selanjutnya ga selalu mulus, tapi memang lebih ringan. Hambatan tentu ada. Tapi saya juga ga mau berenti sementara langkah yang saya lakukan baru beberapa. Untuk mencegah osteoporosis aja, kita perlu 1000 langkah sehari ya kan?!Saya juga ga memaksakan langsung seribu langkah kok. Sedikit-sedikit, tapi tiap hari meningkat kualitas dan kuantitasnya. Daripada langsung ekstrem, tapi kemudian stagnan belakangan.

And you know what?!?! Memang menyenangkan lho.. mencoba hal baru itu. Mungkin saya memang belum seberhasil agen lain yang masuknya barengan saya. Thanks GOD saya ga dikasih target sekian oleh leader saya karna saya akui, saya lebih memenuhi target pribadi saya. Sejauh ini, target pribadi saya lebih kepada menikmati tiap prosesnya. Saya jadi lebih kenal diri saya, lebih tau kemampuan saya, lebih tau juga, apa yang saya mau. 

Gimana dengan kalian teman? Sudah mencoba hal baru belom??



7 comments:

  1. sudah mba , lokasi dan tempat tinggal baru hihihihi meski jauh dari orang tua itu juga tantangan kan ..?

    ReplyDelete
  2. mencoba hal baru adalah tantangan buat kita.. sukses yaaa...

    ReplyDelete
  3. @Brigadir Kopi: Yup!!!! Tatangan sangat tuh. Aku belom pernah soalnya!!

    @Vita@kriyalea: makasih mbaaaa.

    ReplyDelete
  4. request dulu boleh gak Mbak??

    itu jam di kiri bawah, madagascar...
    bisa dipindahin ke kanan bawah gak?
    soalnya aku kalo pake netbook, buka blognya Mbak Manda, kesulitan baca postingan. karena netbooknya kan kecil, seebagian besar postingan tertutup sama jam tiko tok nya itu... jadi susah bacanyaa....

    request aja kok Mbak
    hehehehehehee

    ReplyDelete
  5. hhhm...kalo mencoba hal hal baru.......
    awalnya pasti ketakutan
    nanti hasilnya bagus apa gak?
    tapi kalo ternyata sukses, ehehhee seneng dong

    ReplyDelete
  6. @Mba Elsa: sudah dipindah yaaa, jamnnya. Makasih karna sudah sering berkunjung ^_^

    ReplyDelete
  7. Hihihihi.... Terima kasih banyak Mbak Manda....
    jadi lebih enak baca postingannya kalo pake netbook kecilku. gak kehalang madagascar lagiii
    hehehheheee

    ReplyDelete

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^