28 Nov 2008

Jujur itu Langka, tapi MASIH Ada

Hmmm.. udah lama juga ya Nda ga nulis apa-apa. Ga mau bikin alasan sibuk ah.. coz sebenernya kalau mau disempetin pasti bisa. Anggap aja lagi ga mood :D.

Malam ini Nda mau cerita kejadian seminggu lalu. Tepatnya hari kamis malam, minggu lalu. Like usual, Nda pulang kerja naik kereta. Hari itu Nda pulang agak malem. So pastinya setelah turun dari kereta, Nda sambung pake ojek kerumah. Biasanya.. langganan ojek -bang Oma- ada di depan stasiun. Sayangnya kali ini beliau ga ada. Mungkin lagi narik. Tadinya mau jalan agak kedepan, biasanya ada sodaranya bang Oma (Nda lupa namanya) yang ngojek juga, tapi mangkalnya di pinggir jalan depan sana. Sebenernya sih klo mau, banyak kok tukang ojek yang nawarin. Tapi Nda lebih suka sama orang yang Nda udah kenal, kecuali klo emang ga ada semua, baru deh naik ojek lain. Nah sebelum Nda sempet ke depan sana, ada 1 tukang ojek yang nawarin. Nda inget pernah naik sama dia beberapa bulan yang lalu. Sampe kantor malah!

Jadi ceritanya waktu itu Nda mau ngantor kan... udah sampe stasiun nihh. Eh ternyata distasiun penuh banget orang. Artinya.... ada kereta yang ga jalan. Dan benarlah teman-teman. Sempet panik nih coz hari itu Nda harus dateng pagi karna mau cabut tugas ke Bandung. Kalo naik angkot lewat Ciputat, ga mungkin banget. Tau sendirilah, Ciputat itu kan terkenal macet. Belum lagi Radio Dalam. Ya sudah, satu-satunya jalan yang terpikirkan adalah naik feeder bintaro or taksi. Nda pilih yang kedua karena Nda ga tau jadwal feeder dan ga gitu tau berentinya dimana. So, Nda naik ojek lagi. Niatnya sih cuma sampe lampu merah aja, baru nunggu taksi deh disitu. Ojek Bapak inilah yang Nda naiki.

Sepanjang jalan stasiun yang ga gitu jauh itu, Nda sempet ngobrol sama si Bapak ini. Dia sih sebenernya yang banyak nanya. Sampailah obrolan kita ke lokasi kantor Nda. Si Bapak pun menawarkan diri untuk nganterin. Cara nawarinnya juga rada lucu, ga langsung nawarin. Agak muter-muter antara butuh sama malu-malu gitu. Berhubung butuh cepet plus si Bapak bawa helm, ya udah, Nda setuju aja.

Sebenernya sih sempet ragu coz beliau itu sudah tua, bawa motornya juga ga cepet malah cenderung lama (dan diperjalanan dia ngakuin itu) tapi entah kenapa Nda ga bisa nolak. Apa yaa.. rasanya Nda denger nada kebutuhan mendesak waktu si Bapak nawarin. Singkat cerita, sampailah Nda di kantor tepat waktu dengan selamat, diiringi doa tanpa henti sepanjang jalan. Gimana engga, menuju kebayoran lama, trus di arteri, banyak metro dan semua orang tau bahwa supir metro adalah supir kelas F1.

Berhubung Nda ga tau berapa yang harus Nda bayar, ga ada tawar-tawaran pula sepanjang jalan tadi (kita malah ngobrol ngarol ngidul ga jelas) dan si Bapak bilang terserah aja waktu Nda tanya berapa tarifnya. FYI, Nda kurang suka kata terserah ini coz membingungkan. Akhirnya Nda kasih 50ribu. Dengan pertimbangan si Bapak itu udah nolong banget, bahwa masih lebih murah daripada naik taksi yang harus masuk tol klo mau cepet, plus berhubung Nda mau tugas luar, Nda bisa reimburse kantor. Waktu Nda kasih, si Bapak udah bilang klo itu kebanyakan (but still Nda ga tau seberapa besar kebanyakannya). Ya udah, Nda bilang aja, 'gpp. Nda makasih udah ditolongin, dan mungkin emang hari itu rejeki bapak memang segitu'. Case Closed. Well at least thats what I think.

Tapi ternyata buat Bapak itu case not closed at all. Taunya??? Ya kamis kemarin itu. Tadinya beliau ga ada ngomong apa-apa, asli diem aja. Tapi begitu udah hampir memasuki area komplek, mulainya beliau buka suara. Intinya adalah.. sebenarnya kemarin-kemarin itu,tiap kali liat Nda distasiun, entah pagi hari, entah malam sepulang kerja, si Bapak sudah mau negur. Untuk apa?? Untuk ngembaliin kelebihan uang waktu nganter Nda ke kantor itu. Cuma dia takut. Takut Nda tersinggung klo sekonyong-konyong dia menghampiri dan ngasih uang. Si Bapak juga udah niat mau nganterin Nda pulang klo malem, tapi berhubung seringnya pas jam Nda pulang si bang Oma udah stand by, dia juga ga enak. Asli Nda speechless banget. I mean, itu kejadian udah berbulan-bulan lalu. Plus Nda udah bilang klo uang itu memang untuk dia semua.

You know what, dia masih bilang itu kebanyakan. Nda tanya, memang tarif sebenernya berapa? Jawabnya, 'biasanya 30ribu neng, tapi itu juga suka masih ada yang nawar. Dan klo lagi sepi, seberapa ditawar, ya ok aja. Selama cukup untuk bensin dan ada lebih sedikit'. Nda tanya lagi, 'jadi sekarang bapak masih mau kembaliin uang saya yang waktu itu?' Jawabannya, 'iya neng. soalnya waktu itu kebanyakan.' Asli Nda ga bisa ngomong. Begitu Nda sampe rumah, waktu mau bayar, tadinya ssi Bapak ga mau. Masih kekeuh sama lebih bayar Nda itu. Nda juga kekeuh lah. Gila aja, orang udah berbulan yang lalu. Lagian orang waktu itu ngasihnya juga ikhlas. Kami sama-sama keukeuh nih. Nda ga mau jadi tontonan satpam yang emang posnya deket rumah. Nda bilang sama bapak itu, klo Nda ikhlas. Kemarin ya kemarin. Sekarang ya sekarang. Yang Nda bayar hari ini memang hak dia hari ini. Sampe 3 kali deh Nda ulang-ulang terus. Baru deh si Bapak mau terima.

Hari itu Nda dapet pelajaran berharga banget. Bahwa di jaman yang katanya edan ini, kejujuran berikut orang jujur masih ada. Mungkin tidak banyak, tapi masih ada. Mungkin terasing, tapi masih akan terus survive karna yang akan menolong adalah Pemilik Alam ini.

Nda bersyurkur banget Allah memberi contoh, atau mungkin peringatan dengan cara yang halus, yang baik. Sederhana, tapi bermakna. Karna berasal dari orang yang terkadang, dalam khilaf dianggap rendah karna kondisinya. Karna sering kali, kita -manusia- mengukur semua dari materi dan bukan dari hati. Bukan nurani. Padahal pada kenyataannya, mereka inilah yanng lebih tinggi derajatnya dimata BELIAU.

Hmm... maaf jika ceritaku membosankan ya. Tapi bukankah kita harus saling mengingatkan?!?!?

No comments:

Post a Comment

Mari mari.. silahkan tinggalkan jejak pelangimu ^_^